Bismillah for everything, Selamat Datang di My Blog (Belajar, Berilmu, Beramal dan Beribadah. Semoga bermanfaat, Salam Ilmiah...

Senin, 06 April 2020

Mendesain Kampus Masa Depan Dengan Digitalisasi Pendidikan

Dokpri | Nurul Huda

Kampus masa depan adalah kampus yang merevolusi institusinya dengen segala macam perubahan. Lahirnya sistem yang baru yang kita kenal dengan sebutan generasi 4.0 telah merubah tatanan dunia baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Kampus yang merupakan pusat ilmu pengetahuan dengan berbagai disiplin ilmunya mau tidak mau harus berbenah dan mampu menyesuaikan dengan keadaan sekarang yang serba cepat, tepat dan akurat dalam mengolah sistem informasi manajemennya.
Setiap perubahan teknologi dan informasi yang begitu cepat, pesat dan sudah berjalan sekarang ini para pengelola perguruan tinggi harus mulai memikirkan dan mengantisipasi bagaimana bisa bertahan pada era digitalisasi di zaman milenial ini. Pengelola Perguruan Tinggi harus mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkwalitas, handal dan profesional, tenaga pengajar dan pendidiknya untuk bisa mengikuti digitalisasi pendidikan dan keinginan pasar saat ini yaitu para mahasiswa zaman sekarang agar tidak ketinggalan teknologi karena mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan negeri ini, yang akan membawa perubahan negeri ini ke arah peradaban baru yaitu peradaban era digitalisasi.
Strategi Dosen para pengajar dan pendidik harus benar-benar kreatif, inovatif agar bisa bertahan pada profesinya sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Dunia digital saat ini terus berevolusi sebagaimana hadirnya aplikasi mesin pencari atau search engine yang bisa menyajikan materi pembelajaran dan tutorialnya yang tersedia oleh adanya jaringan big data dan cloud computing. Perilaku mahasiswa di era revolusi 4.0 sudah berbeda jauh 1800 dengan perilaku mahasiswa zaman dulu, mereka lebih senang dan aktif menggunakan gadgetnya daripada membawa buku yang tebal dan berat. Mahasiswa lebih tertantang jika Dosen memberikan tugas yang harus dicari jawabannya melalui akses ke big data dan cloud computing.
Digitalisasi pendidkan telah memicu sistem pendidikan nasional kita, salah  satu contoh yang diterapkan di negara Perancis dengan Flexible Learning, Coursera, e-Learning. Munculnya integrasi antara pendidikan dengan teknologi dapat merevolusi proses kegiatan belajar mengajar. Kecanggihan dan security sebuah aplikasi akan menjadi pangkal dari digitalisasi pendidikan di Indonesia.
Saatnya kampus berbenah bahwa merevolusi institusi  samahalnya menyiapkan pendidikan masa depan Indonesia kearah yang lebih handal dan lulusannya mampu menembus batas dunia dengan segala kemampuan yang dimiliki baik hard skill maupun soft skill, terdepan dalam pengembangan keilmuan, ketaqwaan dan memiliki akhlakul karimah. Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Artikel

Belajar, Berilmu, Beramal & Beribadah E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com Untuk informasi lebih lanjut seputar berbagi ilmu penge...