Bismillah for everything, Selamat Datang di My Blog (Belajar, Berilmu, Beramal dan Beribadah. Semoga bermanfaat, Salam Ilmiah...

Senin, 10 Juli 2023

KEPEMIMPINAN KARISMATIK MAMPU CIPTAKAN KEADAAN DENGAN BAIK

 

Oleh : Nurul Huda, BBA., S.E., M.M

E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com

 

 

Keistimewaan Pemimpin yang Karismatik

Kemampuan dalam mempengaruhi pikiran orang, perasaan dan tingkah laku orang lain adalah bagian dari tipe kepemimpinan karismatik karena dianggap bisa mengkondisikan keadaan dengan baik dan tanpa disuruhpun  para pengikut bersedia berbuat sesuatu yang dikehendaki oleh pemimpin. Salah satu karakteristik seorang pemimpin yang memiliki karisma atau daya tarik yang kuat dan luar biasa pada umumnya rata-rata mereka mempunyai pengikut yang luar biasa banyak jumlahnya. Kalau ditanya mengapa mereka tertarik dan patuh terhadap apa yang diperintahkan maka jawabannya sangat sederhana karena pesona yang rerpancar yang ada pada dirinya telah membuatnya jatuh cinta. Sama seperti orang yang jatuh cinta pada pandangan pertamanya sehingga mersa sulit untuk dilupakan. Itulah kira-kira daya tarik yang dimiliki oleh seorang pemimpin karismatik bahkan ada anggapan  seolah-olah pemimpin karismatik itu seperti memiliki keistimewaan yang luar biasa atau kalau dipandang dari kacamata spritualitas seakan-akan ada kekuatan gaib yang menyertainya karena ada pancaran pesona yang selalu bersamanya. 


Banyak pendapat para ahli seseorang yang memiliki karisma yang melekat pada dirinya tidak bergantung pada ketampanannya, kekayaan, umur, kesehatan ataupun kastanya. Contoh pemimpin yang memiliki karisma luar biasa seperti Soekarno, John F. Kennedy, Winston Churchill dan Warrant Buffet adalah para pemimpin yang memiliki karisma tersendiri sehingga mereka memiliki pengaruh yang luas dan mampu melakukan sesuatu yang berbeda terhadap pengikutnya. Beberapa pemimpin karismatik di dunia ini yang diberikan anugerah berupa kualitas yang luas biasa dan sudah menyatu dengan dirinya sehingga mereka diberikan kemampuan yang luar biasa dalam memberikan motivasi kepada para pengikutnya untuk mencapai kinerja yang luar biasa dan maksimal sesuai dengan harapan atau target yang ingin dicapai. 


Di Indonesia, kita memiliki seorang tokoh besar yang istimewa berjiwa revolusioner dia adalah Soekarno mantan Presiden Republik Indonesia yang pertama dan merupakan salah satu contoh pemimpin besar yang karismatik bahwkan sampai saat ini belum menemukan sosok seperti beliau. Kemampuan yang dimiliki oleh mantan Presiden Soekarno dalam mempengaruhi, menggerakkan dan berdiplomasi dengan pihak lain telah berbuah manis dalam menyatukan berbagai agama, suku, golongan menjadi satu kesatuan yang utuh dan besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Kelebihan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Gaya kepemimpinan karismatik memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan visi dan misi secara jelas, dan juga memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahannya dalam bekerja supaya lebih giat, lebih semangat dengan harapan target yang ingin dicapai maksimal, itulah kelebihan tipe kepemimpinan karismatik yang dimaksud ditas. Para pemimpin yang bersifat karismatik tentu saja menyadari secara utuh kelebihannya dengan baik dan maksimal sehingga bisa mengkondisikan keadaan untuk menarik perhatian orang lain, mereka akan terpesona dengan gaya  berbicaranya yang selalu membangkitkan semangat bergelora. Rata-rata poemimpin yang karismatik dimana saja berada akan selalu disegani dan tentu saja memiliki wibawa yang sangat tinggi, dengan segudang ide-ide kreatifnya atau pandangan pemikirannya yang baik dan selalu bermusyawarah dengan bawahannya.

 

Kelemahan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Setiap ada kelebihan dalam hal apappun dipastikan ada kelemahannya karena itu merupakan sifat alamiah dasar manusia yang tidak bisa hidup sendiri begitu juga dalam sebuah kempemimpinan tidak akan berarti apa-apa kalau tidak ada orang-orang yang dipimpinnya. Setiap pemimpin ada masanya, setiap masa ada orang-oarangnya yang lahir sebagai pemimpin, maka hal yang wajar jika sisi kelemahan menempel pada seorang pemimpimpin walaupun pempimpin itu dianggap  luar biasa dan memiliki sifat karismatik, maka bener adanya jika ada sebuah ungkapan pribahasa yang mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak itu artinya bahwa tidak ada kesempurnaan pada diri seorang pemimpin karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Di antaranya, para pemimpin karismatik mudah mengambil keputusan walaupun berisiko tinggi serta memiliki imajinasi yang tinggi bahwa apa yang dilakukan pasti selalu benar dimata para pengikutnya karena dianggap sudah terlanjur percaya penuh pada pemimpinnya. 


Adanya ketergantungan penuh yang tinggi terhadap pemimpin yang karismatik maka regenerasi berikutnya untuk pemimpin yang berkompeten cenderung sangat sulit. Walaupun gaya kepemimpinan karismatik mampu menarik simpati orang-orang untuk datang kepada mereka, namun seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan orang-orang yang datang ini akan mulai merasakakan kekecewaan akibat ketidakkonsistenan pemimpinnya, apa yang diucapkan atau yang dijanjikan ternyata tidak dilakukan dan tidak sesuai dengan harapan dilapangan. Ketika para pemmimpin ini diminta pertanggungjawabannya akibat kesalahan yang ia lakukan, maka dengan berbagai alasan si pemimpin akan memimnta maaf kepada para pengikutnya yang cenderung bersifat fanastisme dan berjanji kembali untuk tidak mengulangi lagi atas kesalahan yang ia lakukan selama memimpin. Kelemahan juga terjadi pada struktur organisasinya yang tidak jelas atau kabur dan setiap pengambilan keputusan, terekandang bawahan selalu didesak agar menerima kenyataan terhadap keputusan yang diambil dan menganggap sebagai keputusan bersama. Semoga artikel singkat ini memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang seputar ilmu kepemimpinan. Terimakasih, salam ilmiah!!!


Instagram : @hudamacintosh Facebook: hudamacintosh Twitter: @hudamacintosh Blog/Web: http://www.hudasemm.blogspot.com YouTube : NHC (Nurul Huda Channel)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Artikel

Belajar, Berilmu, Beramal & Beribadah E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com Untuk informasi lebih lanjut seputar berbagi ilmu penge...