Bismillah for everything, Selamat Datang di My Blog (Belajar, Berilmu, Beramal dan Beribadah. Semoga bermanfaat, Salam Ilmiah...

Minggu, 03 September 2023

KEREN, KKN POSKO 37 LAKSANAKAN PELATIHAN UNTUK SDM UMKM KALIANGET TIMUR


KKN Intergratif INSTIKA 2023

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Posko 37 Institut Ilmu keislaman Annuqayah (INSTIKA) laksanakan kegiatan pelatihan yang bertempat di Balai Desa Kalianget, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep, Jawa Timur. Minggu Siang, (03/09/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung puluhan Masyarakat Kalianget Timur yang mayoritas pelaku UMKM setempat dengan tema: "Pendampingan UMKM dalam pemasaran produk berbasis online di Desa Kalianget Timur", (09.00-12.40 WIB).

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa Home industri UMKM di Desa Kalianget Timur ini ada beberapa macam antaranya Alat-alat Dapur, Manreman, Kerupuk dan Rengginang, popcorn dan semacamnya. 

Bendahara Umum KKN integratif Ahmad Iftikhori selaku Moderator menyampaikan, banyak-banyak terimakasih kepada Kepala Desa Kalianget Timur khususnya dan aparatur desa pada umumnya, sudah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan pelatihan pada siang hari ini.


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Posko 37

"Yang pertama saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa serta seluruh aparatur desa yang telah memberikan izin kepada kami untuk menempati Balai desa, dan tak lupa kepada seluruh tamu undangan dan pelaku UMKM sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir karena tanpa kalian semua kegiatan ini tak mungkin berjalan dengan sebagaimana mestinya", ungkapnya. 

Sementara, Sekretaris Umum PD MES Sumenep Nurul Huda, BBA., S.E., M.M selaku pemateri memaparkan, bahwasanya dulu untuk memperkenalkan produk masih tradisional seperti dari mulut ke-mulut berbeda dengan sekarang yang semu serba digital.

"Kalo dulu dalam memasarakan produk basisnya masih dari mulut ke-mulut namun untuk sekarang sudah beralih ke media sosial untuk meningkatkan branding produk misalnya di kalianget Timur punya produk UMKM bisa di pasarkan di media sosial seperti IG, tik tok, YouTube dan semacamnya", Pungkasnya. 


Pendampingan Pelatihan UMKM Berbasis Marketing Digital

Lebih lanjut Nurul Huda menyampaikan di era society 5.0 ini 65% sudah online dimana untuk berbelanja tidak harus repot-repot keluar rumah, pergi ke-pasar tradisional, supermarket dan sebagainya.

"Di era society 5.0 sekarang sudah 65% besiknya sudah online jadi sekarang kalo belanja tidak lagi jalan ke pasar tradisional tinggal duduk manis di Rumah, punya uang, punya paket data pencet HP tinggal cek out Shopee, Lazada, dll", Paparnya.

Perlu diketahui, forum semakin hangat setelah pemateri selesi memaparkan argumen, dimana ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta forum bahwasanya kebanyakan UMKM di Kalianget Timur ini kelemahannya adalah Modal yang minim bahkan akses untuk menemukan modalpun terbatas, hal ini menjadi PR bagi Desa dan pemerintah Sumenep agar mampu mewadahi potensi-potensi UMKM yang dimiliki masyarakat desa Kalianget Timur. 

Saya berharap masyarakat dan Desa bahkan pemerintah Sumenep mampu menanggulangi permasalahan yang dialami masyarakat Kalianget Timur ini, ungkap peserta KKN posko 37.

Kamis, 20 Juli 2023

STRATEGI MARKETING DI YOUTUBE UNTUK PEMASARAN BISNIS ANDA

 

Oleh : Nurul Huda, BBA., S.E., M.M

E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com

 

 A. Strategi YouTube Marketing

Saat ini marketing bisa dilakukan menggunakan banyak channel, termasuk Youtube. Sebenarnya bagaimana melakukan Youtube marketing untuk mempromosikan bisnis? Sebelumnya, Anda harus mengetahui panduan lengkap Youtube marketing supaya promosi yang dilakukan lebih efektif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya channel dan video Youtube memiliki banyak penonton. Selain konten yang bagus, Anda juga bisa memperkuat SEO supaya video Anda muncul di pencarian teratas ketika orang mencarinya.

Selain itu, pemilik bisnis juga bisa mengupload video yang dikhususkan membahas produk yang dijual atau yang masih berhubungan dengan bisnis. Jika sudah memiliki channel dan video, Anda harus bisa mengoptimalkannya supaya bisa menjangkau lebih banyak penonton. 

B. Tips YouTube Marketing yang Wajib Anda Coba

Strategi YouTube Marketing yang Wajib Anda Coba

Mungkin Anda merasa sudah melakukan Youtube marketing dengan maksimal, namun coba pastikan lagi apakah Anda sudah melakukan semuanya dengan benar? Berikut panduan lengkap Youtube marketing yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat Channel Youtube Khusus Bisnis

Sebenarnya membuat akun Youtube bisnis tidak wajib, namun channel bisnis ini memiliki kelebihan dibandingkan channel pribadi. Channel bisnis bisa dikelola oleh lebih dari satu akun. Memang awalnya Anda membuat channel sendiri, namun jika channel sudah besar maka biasanya channel Youtube akan diurus oleh banyak orang dengan tugas yang berbeda. Oleh karena itu, jika ada beberapa orang yang mengurus channel atau Anda berniat mengembangkan channel, Anda bisa memilih channel Youtube bisnis.

2. Melakukan Verifikasi Channel

Setelah membuat akun, Anda perlu memverifikasi akun. Terdapat banyak fitur tambahan yang bisa Anda gunakan setelah melakukan verifikasi akun, misalnya memasang custom thumbnail, live stream, dan sebagainya. Untuk melakukan verifikasi, Anda memerlukan nomor handphone yang bisa menerima telepon atau SMS yang berisi kode verifikasi channel Youtube.

3. Memilih Jenis Video Yang Cocok

Jika sudah mempunyai channel maka Anda perlu berpikir, video apa yang cocok dengan bisnis dan bisa menarik penonton? Beberapa contoh video yang bisa Anda buat yaitu, video listicle, panduan, produk, behind the scene, wawancara, succes story, dan jenis video lainnya. Pastikan bahwa format video yang Anda pilih cocok dengan channel yang dibuat. Jangan sampai Anda membuat video dengan tema yang melenceng dengan tujuan bisnis. Misalnya, untuk bisnis fashion Anda bisa membuat video mengenai tips merawat pakaian, model pakaian yang digemari tahun 2023, dan video lainnya.

4. Memperhatikan SEO Youtube

Tidak hanya mengoptimasi SEO website, kini SEO Youtube juga perlu dilakukan. Hal-hal yang harus dikerjakan yaitu riset keyword yang sesuai untuk video, optimasi metadata, dan aktivitas penunjang SEO lainnya. Hal ini dilakukan agar ketika orang mengetikkan keyword tertentu, video Anda berada di urutan teratas.

5. Memakai CTA Yang Efektif

Umumnya, CTA yang digunakan dalam video Youtube ini adalah ajakan untuk subscribe dan like. Bagaimana cara membuat CTA yang efektif? CTA yang efektif dapat mengarahkan pengunjung untuk lebih dekat dengan produk. Jadi, daripada membuat ajakan untuk subscribe atau like Anda bisa mengajak menonton untuk berkunjung ke website. Cantumkan juga alamat website di kotak deskripsi supaya lebih mudah ditemukan.

6. Mempunyai Jadwal Upload Video Yang Konsisten

Apabila Anda memperhatikan akun Youtube dengan penonton yang banyak maka Anda pasti sadar bahwa akun tersebut memiliki jadwal upload yang ketat, misalnya setiap hari, tiga hari sekali, bahkan sebulan sekali. Jadwal yang rutin bisa membuat penonton mau menonton video sampai selesai. Engagement adalah salah satu faktor penilaian ranking dari algoritma Youtube. Aspek engagement, misalnya tingkat bounce rate, rata-rata durasi menonton, dan CTR atau Click Through Rate yang bisa menentukan posisi video berada di pencarian Youtube. Agar upload video lancar, Anda juga bisa menyediakan video cadangan untuk diupload di jadwal selanjutnya.

7. Melakukan Riset Kompetitor

Riset kompetitor menjadi strategi Youtube marketing yang bisa Anda lakukan. Lihat jenis konten seperti apa yang disukai oleh target penonton, belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan oleh kompetitor, dan memanfaatkan celah. Anda juga bisa mengecek kata kunci yang dipakai oleh kompetitor, mulai dari judul sampai deskripsi.

8. Aktif Bersosialisasi

Youtube juga salah satu platform yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Sebisa mungkin balas komentar yang diberikan oleh penonton. Selain itu, terdapat tab Community yang bisa Anda pakai untuk berinteraksi dengan penonton atau subscribers. Ketika Anda aktif bersosialisasi dengan penonton, artinya Anda peduli dan ingin membangun koneksi dengan mereka. 

9. Mengoptimasi Channel

Di dalam Youtube marketing, melakukan optimasi channel sama pentingnya dengan optimasi video. Hal ini dikarenakan optimasi channel bisa membuatnya lebih menarik dan mengundang penonton untuk menjadi subscribers. Optimasi channel yang bisa dilakukan, yaitu melengkapi profil Youtube dan memasukkan video ke playlist. Masukkan informasi yang berhubungan ke profil Youtube selengkap mungkin, misalnya link website, akun media sosial, email, dan informasi lainnya. Penambahan banner yang eye-catching juga akan menambah citra bisnis di mata penonton. Jika dimanfaatkan dengan baik bisa meningkatkan engagement dengan penonton channel.

10. Mempromosikan Video

Setelah Anda memiliki konten menarik, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pencarian saja supaya video dapat ditemukan oleh banyak orang. Promosi video bisa juga dilakukan menggunakan media sosial. Selain media sosial, video juga bisa dipromosikan melalui email. Caranya yaitu dengan mengirimkan email berupa pemberitahuan mengenai video terbaru lengkap dengan link ke email list yang dimiliki.

11. Memasang Iklan Di Youtube

Apabila Anda memiliki dana lebih dan ingin mengenalkan video atau channel ke banyak orang, Anda bisa memanfaatkan iklan Youtube. Cara ini akan membuat channel menjangkau lebih banyak penonton yang sebelumnya tidak terjangkau dengan SEO Youtube maupun promosi dari media sosial. Terdapat banyak iklan yang bisa dicoba di Youtube dengan harga pasang iklan yang berbeda. Misalnya iklan di awal video, iklan yang tidak bisa di-skip, maupun jenis iklan lainnya. 

12. Menggunakan Youtube Analytics

Setiap Youtube channel memiliki tools penting yaitu Analytics. Tools ini akan memperlihatkan data serta statistik yang berhubungan dengan channel. Data yang ditampilkan misalnya, jumlah view, jumlah subscribers, impression, dan demografi penonton. Tools tersebut sangat berguna untuk kegiatan Youtube marketing, karena Anda bisa memantau performa dari channel Youtube.

13. Kerjasama Dengan Influencer

Saat ini peranan influencer cukup berpengaruh dalam promosi suatu produk. Sebelum orang memutuskan untuk membeli produk, orang terlebih dahulu akan mencari video review yang dibuat oleh influencer supaya merasa lebih yakin. Oleh karena itu, salah satu Youtube marketing strategy yang bisa Anda lakukan adalah menjalin kerjasama dengan influencer. Pastikan bahwa influencer tersebut adalah orang yang kredibel, sehingga penonton juga merasa lebih percaya dengan review yang diberikan oleh influencer tersebut. 

Ternyata, Youtube juga bisa dijadikan media marketing yang cukup ampuh jika dilakukan dengan benar. Semoga setelah menerapkan cara-cara tersebut, akun Youtube bisnis Anda memperoleh banyak peningkatan baik itu dari segi penjualan, pengunjung website, dan semuanya. Buatlah video yang menarik dikombinasikan dengan cara-cara untuk mengoptimalkan channel Youtube lainnya untuk mengubah penonton menjadi pembeli produk seperti yang Anda harapkan. Mudah-mudahan artikel singkat ini memberikan inoformasi dan manfaat untuk kita semua, salam ilmiah.

 

Instagram : @hudamacintosh Facebook: hudamacintosh Twitter: @hudamacintosh Blog/Web: http://www.hudasemm.blogspot.com YouTube : NHC (Nurul Huda Channel)

Senin, 10 Juli 2023

KEPEMIMPINAN KARISMATIK MAMPU CIPTAKAN KEADAAN DENGAN BAIK

 

Oleh : Nurul Huda, BBA., S.E., M.M

E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com

 

 

Keistimewaan Pemimpin yang Karismatik

Kemampuan dalam mempengaruhi pikiran orang, perasaan dan tingkah laku orang lain adalah bagian dari tipe kepemimpinan karismatik karena dianggap bisa mengkondisikan keadaan dengan baik dan tanpa disuruhpun  para pengikut bersedia berbuat sesuatu yang dikehendaki oleh pemimpin. Salah satu karakteristik seorang pemimpin yang memiliki karisma atau daya tarik yang kuat dan luar biasa pada umumnya rata-rata mereka mempunyai pengikut yang luar biasa banyak jumlahnya. Kalau ditanya mengapa mereka tertarik dan patuh terhadap apa yang diperintahkan maka jawabannya sangat sederhana karena pesona yang rerpancar yang ada pada dirinya telah membuatnya jatuh cinta. Sama seperti orang yang jatuh cinta pada pandangan pertamanya sehingga mersa sulit untuk dilupakan. Itulah kira-kira daya tarik yang dimiliki oleh seorang pemimpin karismatik bahkan ada anggapan  seolah-olah pemimpin karismatik itu seperti memiliki keistimewaan yang luar biasa atau kalau dipandang dari kacamata spritualitas seakan-akan ada kekuatan gaib yang menyertainya karena ada pancaran pesona yang selalu bersamanya. 


Banyak pendapat para ahli seseorang yang memiliki karisma yang melekat pada dirinya tidak bergantung pada ketampanannya, kekayaan, umur, kesehatan ataupun kastanya. Contoh pemimpin yang memiliki karisma luar biasa seperti Soekarno, John F. Kennedy, Winston Churchill dan Warrant Buffet adalah para pemimpin yang memiliki karisma tersendiri sehingga mereka memiliki pengaruh yang luas dan mampu melakukan sesuatu yang berbeda terhadap pengikutnya. Beberapa pemimpin karismatik di dunia ini yang diberikan anugerah berupa kualitas yang luas biasa dan sudah menyatu dengan dirinya sehingga mereka diberikan kemampuan yang luar biasa dalam memberikan motivasi kepada para pengikutnya untuk mencapai kinerja yang luar biasa dan maksimal sesuai dengan harapan atau target yang ingin dicapai. 


Di Indonesia, kita memiliki seorang tokoh besar yang istimewa berjiwa revolusioner dia adalah Soekarno mantan Presiden Republik Indonesia yang pertama dan merupakan salah satu contoh pemimpin besar yang karismatik bahwkan sampai saat ini belum menemukan sosok seperti beliau. Kemampuan yang dimiliki oleh mantan Presiden Soekarno dalam mempengaruhi, menggerakkan dan berdiplomasi dengan pihak lain telah berbuah manis dalam menyatukan berbagai agama, suku, golongan menjadi satu kesatuan yang utuh dan besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Kelebihan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Gaya kepemimpinan karismatik memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan visi dan misi secara jelas, dan juga memiliki kemampuan untuk memotivasi bawahannya dalam bekerja supaya lebih giat, lebih semangat dengan harapan target yang ingin dicapai maksimal, itulah kelebihan tipe kepemimpinan karismatik yang dimaksud ditas. Para pemimpin yang bersifat karismatik tentu saja menyadari secara utuh kelebihannya dengan baik dan maksimal sehingga bisa mengkondisikan keadaan untuk menarik perhatian orang lain, mereka akan terpesona dengan gaya  berbicaranya yang selalu membangkitkan semangat bergelora. Rata-rata poemimpin yang karismatik dimana saja berada akan selalu disegani dan tentu saja memiliki wibawa yang sangat tinggi, dengan segudang ide-ide kreatifnya atau pandangan pemikirannya yang baik dan selalu bermusyawarah dengan bawahannya.

 

Kelemahan Tipe Kepemimpinan Karismatik

Setiap ada kelebihan dalam hal apappun dipastikan ada kelemahannya karena itu merupakan sifat alamiah dasar manusia yang tidak bisa hidup sendiri begitu juga dalam sebuah kempemimpinan tidak akan berarti apa-apa kalau tidak ada orang-orang yang dipimpinnya. Setiap pemimpin ada masanya, setiap masa ada orang-oarangnya yang lahir sebagai pemimpin, maka hal yang wajar jika sisi kelemahan menempel pada seorang pemimpimpin walaupun pempimpin itu dianggap  luar biasa dan memiliki sifat karismatik, maka bener adanya jika ada sebuah ungkapan pribahasa yang mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak itu artinya bahwa tidak ada kesempurnaan pada diri seorang pemimpin karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Di antaranya, para pemimpin karismatik mudah mengambil keputusan walaupun berisiko tinggi serta memiliki imajinasi yang tinggi bahwa apa yang dilakukan pasti selalu benar dimata para pengikutnya karena dianggap sudah terlanjur percaya penuh pada pemimpinnya. 


Adanya ketergantungan penuh yang tinggi terhadap pemimpin yang karismatik maka regenerasi berikutnya untuk pemimpin yang berkompeten cenderung sangat sulit. Walaupun gaya kepemimpinan karismatik mampu menarik simpati orang-orang untuk datang kepada mereka, namun seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan orang-orang yang datang ini akan mulai merasakakan kekecewaan akibat ketidakkonsistenan pemimpinnya, apa yang diucapkan atau yang dijanjikan ternyata tidak dilakukan dan tidak sesuai dengan harapan dilapangan. Ketika para pemmimpin ini diminta pertanggungjawabannya akibat kesalahan yang ia lakukan, maka dengan berbagai alasan si pemimpin akan memimnta maaf kepada para pengikutnya yang cenderung bersifat fanastisme dan berjanji kembali untuk tidak mengulangi lagi atas kesalahan yang ia lakukan selama memimpin. Kelemahan juga terjadi pada struktur organisasinya yang tidak jelas atau kabur dan setiap pengambilan keputusan, terekandang bawahan selalu didesak agar menerima kenyataan terhadap keputusan yang diambil dan menganggap sebagai keputusan bersama. Semoga artikel singkat ini memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang seputar ilmu kepemimpinan. Terimakasih, salam ilmiah!!!


Instagram : @hudamacintosh Facebook: hudamacintosh Twitter: @hudamacintosh Blog/Web: http://www.hudasemm.blogspot.com YouTube : NHC (Nurul Huda Channel)


DAFTAR ARTIKEL

BELAJAR, BERILMU, BERAMAL & BERIBADAH "Integritasmu Adalah Masa Depanmu" Oleh: Nurul Huda, BBA., S.E., M.M E-mail : nurul.hud...