Bismillah for everything, Selamat Datang di My Blog (Belajar, Berilmu, Beramal dan Beribadah. Semoga bermanfaat, Salam Ilmiah...

Minggu, 03 September 2023

KEREN, KKN POSKO 37 LAKSANAKAN PELATIHAN UNTUK SDM UMKM KALIANGET TIMUR


KKN Intergratif INSTIKA 2023

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Posko 37 Institut Ilmu keislaman Annuqayah (INSTIKA) laksanakan kegiatan pelatihan yang bertempat di Balai Desa Kalianget, Kec. Kalianget, Kab. Sumenep, Jawa Timur. Minggu Siang, (03/09/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung puluhan Masyarakat Kalianget Timur yang mayoritas pelaku UMKM setempat dengan tema: "Pendampingan UMKM dalam pemasaran produk berbasis online di Desa Kalianget Timur", (09.00-12.40 WIB).

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa Home industri UMKM di Desa Kalianget Timur ini ada beberapa macam antaranya Alat-alat Dapur, Manreman, Kerupuk dan Rengginang, popcorn dan semacamnya. 

Bendahara Umum KKN integratif Ahmad Iftikhori selaku Moderator menyampaikan, banyak-banyak terimakasih kepada Kepala Desa Kalianget Timur khususnya dan aparatur desa pada umumnya, sudah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan pelatihan pada siang hari ini.


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Posko 37

"Yang pertama saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa serta seluruh aparatur desa yang telah memberikan izin kepada kami untuk menempati Balai desa, dan tak lupa kepada seluruh tamu undangan dan pelaku UMKM sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir karena tanpa kalian semua kegiatan ini tak mungkin berjalan dengan sebagaimana mestinya", ungkapnya. 

Sementara, Sekretaris Umum PD MES Sumenep Nurul Huda, BBA., S.E., M.M selaku pemateri memaparkan, bahwasanya dulu untuk memperkenalkan produk masih tradisional seperti dari mulut ke-mulut berbeda dengan sekarang yang semu serba digital.

"Kalo dulu dalam memasarakan produk basisnya masih dari mulut ke-mulut namun untuk sekarang sudah beralih ke media sosial untuk meningkatkan branding produk misalnya di kalianget Timur punya produk UMKM bisa di pasarkan di media sosial seperti IG, tik tok, YouTube dan semacamnya", Pungkasnya. 


Pendampingan Pelatihan UMKM Berbasis Marketing Digital

Lebih lanjut Nurul Huda menyampaikan di era society 5.0 ini 65% sudah online dimana untuk berbelanja tidak harus repot-repot keluar rumah, pergi ke-pasar tradisional, supermarket dan sebagainya.

"Di era society 5.0 sekarang sudah 65% besiknya sudah online jadi sekarang kalo belanja tidak lagi jalan ke pasar tradisional tinggal duduk manis di Rumah, punya uang, punya paket data pencet HP tinggal cek out Shopee, Lazada, dll", Paparnya.

Perlu diketahui, forum semakin hangat setelah pemateri selesi memaparkan argumen, dimana ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta forum bahwasanya kebanyakan UMKM di Kalianget Timur ini kelemahannya adalah Modal yang minim bahkan akses untuk menemukan modalpun terbatas, hal ini menjadi PR bagi Desa dan pemerintah Sumenep agar mampu mewadahi potensi-potensi UMKM yang dimiliki masyarakat desa Kalianget Timur. 

Saya berharap masyarakat dan Desa bahkan pemerintah Sumenep mampu menanggulangi permasalahan yang dialami masyarakat Kalianget Timur ini, ungkap peserta KKN posko 37.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Artikel

Belajar, Berilmu, Beramal & Beribadah E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com Untuk informasi lebih lanjut seputar berbagi ilmu penge...