Oleh : Nurul Huda, BBA., S.E.,
M.M
E-mail : nurul.huda.macintosh@gmail.com
A. Strategi
YouTube Marketing
Saat ini marketing bisa dilakukan menggunakan banyak channel,
termasuk Youtube. Sebenarnya bagaimana melakukan Youtube marketing untuk
mempromosikan bisnis? Sebelumnya, Anda harus mengetahui panduan lengkap Youtube
marketing supaya promosi yang dilakukan lebih efektif. Ada banyak cara yang
bisa dilakukan supaya channel dan video Youtube memiliki banyak penonton.
Selain konten yang bagus, Anda juga bisa memperkuat SEO supaya video Anda
muncul di pencarian teratas ketika orang mencarinya.
Selain itu, pemilik bisnis juga bisa mengupload video yang
dikhususkan membahas produk yang dijual atau yang masih berhubungan dengan
bisnis. Jika sudah memiliki channel dan video, Anda harus bisa
mengoptimalkannya supaya bisa menjangkau lebih banyak penonton.
B. Tips
YouTube Marketing yang Wajib Anda Coba
Strategi
YouTube Marketing yang Wajib Anda Coba
Mungkin
Anda merasa sudah melakukan Youtube marketing dengan maksimal, namun coba
pastikan lagi apakah Anda sudah melakukan semuanya dengan benar? Berikut
panduan lengkap Youtube marketing yang bisa Anda lakukan:
1. Membuat Channel Youtube Khusus Bisnis
Sebenarnya
membuat akun Youtube bisnis tidak wajib, namun channel bisnis ini memiliki
kelebihan dibandingkan channel pribadi. Channel bisnis bisa dikelola oleh lebih
dari satu akun. Memang awalnya Anda membuat channel sendiri, namun jika channel
sudah besar maka biasanya channel Youtube akan diurus oleh banyak orang dengan
tugas yang berbeda. Oleh karena itu, jika ada beberapa orang yang mengurus
channel atau Anda berniat mengembangkan channel, Anda bisa memilih channel
Youtube bisnis.
2. Melakukan Verifikasi Channel
Setelah
membuat akun, Anda perlu memverifikasi akun. Terdapat banyak fitur tambahan
yang bisa Anda gunakan setelah melakukan verifikasi akun, misalnya memasang
custom thumbnail, live stream, dan sebagainya. Untuk melakukan verifikasi, Anda
memerlukan nomor handphone yang bisa menerima telepon atau SMS yang berisi kode
verifikasi channel Youtube.
3. Memilih Jenis Video Yang Cocok
Jika
sudah mempunyai channel maka Anda perlu berpikir, video apa yang cocok dengan
bisnis dan bisa menarik penonton? Beberapa contoh video yang bisa Anda buat
yaitu, video listicle, panduan, produk, behind the scene, wawancara, succes
story, dan jenis video lainnya. Pastikan bahwa format video yang Anda pilih
cocok dengan channel yang dibuat. Jangan sampai Anda membuat video dengan tema
yang melenceng dengan tujuan bisnis. Misalnya, untuk bisnis fashion Anda bisa
membuat video mengenai tips merawat pakaian, model pakaian yang digemari tahun
2023, dan video lainnya.
4. Memperhatikan SEO Youtube
Tidak
hanya mengoptimasi SEO website, kini SEO Youtube juga perlu dilakukan. Hal-hal
yang harus dikerjakan yaitu riset keyword yang sesuai untuk video, optimasi
metadata, dan aktivitas penunjang SEO lainnya. Hal ini dilakukan agar ketika
orang mengetikkan keyword tertentu, video Anda berada di urutan teratas.
5. Memakai CTA Yang Efektif
Umumnya,
CTA yang digunakan dalam video Youtube ini adalah ajakan untuk subscribe dan
like. Bagaimana cara membuat CTA yang efektif? CTA yang efektif dapat
mengarahkan pengunjung untuk lebih dekat dengan produk. Jadi, daripada membuat
ajakan untuk subscribe atau like Anda bisa mengajak menonton untuk berkunjung
ke website. Cantumkan juga alamat website di kotak deskripsi supaya lebih mudah
ditemukan.
6. Mempunyai Jadwal Upload Video Yang Konsisten
Apabila
Anda memperhatikan akun Youtube dengan penonton yang banyak maka Anda pasti
sadar bahwa akun tersebut memiliki jadwal upload yang ketat, misalnya setiap
hari, tiga hari sekali, bahkan sebulan sekali. Jadwal yang rutin bisa membuat
penonton mau menonton video sampai selesai. Engagement adalah salah satu faktor
penilaian ranking dari algoritma Youtube. Aspek engagement, misalnya tingkat
bounce rate, rata-rata durasi menonton, dan CTR atau Click Through Rate yang
bisa menentukan posisi video berada di pencarian Youtube. Agar upload video
lancar, Anda juga bisa menyediakan video cadangan untuk diupload di jadwal
selanjutnya.
7. Melakukan Riset Kompetitor
Riset
kompetitor menjadi strategi Youtube marketing yang bisa Anda lakukan. Lihat
jenis konten seperti apa yang disukai oleh target penonton, belajar dari
kesalahan yang pernah dilakukan oleh kompetitor, dan memanfaatkan celah. Anda
juga bisa mengecek kata kunci yang dipakai oleh kompetitor, mulai dari judul
sampai deskripsi.
8. Aktif Bersosialisasi
Youtube
juga salah satu platform yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Sebisa
mungkin balas komentar yang diberikan oleh penonton. Selain itu, terdapat tab
Community yang bisa Anda pakai untuk berinteraksi dengan penonton atau
subscribers. Ketika Anda aktif bersosialisasi dengan penonton, artinya Anda
peduli dan ingin membangun koneksi dengan mereka.
9. Mengoptimasi Channel
Di dalam
Youtube marketing, melakukan optimasi channel sama pentingnya dengan optimasi
video. Hal ini dikarenakan optimasi channel bisa membuatnya lebih menarik dan
mengundang penonton untuk menjadi subscribers. Optimasi channel yang bisa
dilakukan, yaitu melengkapi profil Youtube dan memasukkan video ke playlist.
Masukkan informasi yang berhubungan ke profil Youtube selengkap mungkin,
misalnya link website, akun media sosial, email, dan informasi lainnya. Penambahan
banner yang eye-catching juga akan menambah citra bisnis di mata penonton. Jika
dimanfaatkan dengan baik bisa meningkatkan engagement dengan penonton channel.
10. Mempromosikan Video
Setelah
Anda memiliki konten menarik, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pencarian saja
supaya video dapat ditemukan oleh banyak orang. Promosi video bisa juga
dilakukan menggunakan media sosial. Selain media sosial, video juga bisa
dipromosikan melalui email. Caranya yaitu dengan mengirimkan email berupa pemberitahuan
mengenai video terbaru lengkap dengan link ke email list yang dimiliki.
11. Memasang Iklan Di Youtube
Apabila
Anda memiliki dana lebih dan ingin mengenalkan video atau channel ke banyak
orang, Anda bisa memanfaatkan iklan Youtube. Cara ini akan membuat channel
menjangkau lebih banyak penonton yang sebelumnya tidak terjangkau dengan SEO
Youtube maupun promosi dari media sosial. Terdapat banyak iklan yang bisa
dicoba di Youtube dengan harga pasang iklan yang berbeda. Misalnya iklan di
awal video, iklan yang tidak bisa di-skip, maupun jenis iklan lainnya.
12. Menggunakan Youtube Analytics
Setiap
Youtube channel memiliki tools penting yaitu Analytics. Tools ini akan
memperlihatkan data serta statistik yang berhubungan dengan channel. Data yang
ditampilkan misalnya, jumlah view, jumlah subscribers, impression, dan
demografi penonton. Tools tersebut sangat berguna untuk kegiatan Youtube
marketing, karena Anda bisa memantau performa dari channel Youtube.
13. Kerjasama Dengan Influencer
Saat ini
peranan influencer cukup berpengaruh dalam promosi suatu produk. Sebelum orang
memutuskan untuk membeli produk, orang terlebih dahulu akan mencari video
review yang dibuat oleh influencer supaya merasa lebih yakin. Oleh karena itu,
salah satu Youtube marketing strategy yang bisa Anda lakukan adalah menjalin
kerjasama dengan influencer. Pastikan bahwa influencer tersebut adalah orang
yang kredibel, sehingga penonton juga merasa lebih percaya dengan review yang
diberikan oleh influencer tersebut.
Ternyata, Youtube juga bisa dijadikan media marketing yang cukup
ampuh jika dilakukan dengan benar. Semoga setelah menerapkan cara-cara
tersebut, akun Youtube bisnis Anda memperoleh banyak peningkatan baik itu dari
segi penjualan, pengunjung website, dan semuanya. Buatlah video yang menarik
dikombinasikan dengan cara-cara untuk mengoptimalkan channel Youtube lainnya
untuk mengubah penonton menjadi pembeli produk seperti yang Anda harapkan. Mudah-mudahan artikel singkat ini memberikan inoformasi dan manfaat untuk kita semua, salam ilmiah.
Instagram : @hudamacintosh
Facebook: hudamacintosh
Twitter: @hudamacintosh
Blog/Web: http://www.hudasemm.blogspot.com
YouTube : NHC (Nurul Huda Channel)